WhatsApp-Button
Yadi Ismail dibaca 51 kali

Sekolah Al Huda Pekanbaru Peringati Hari Batik Nasional 2024

STIE Riau- Sekolah Al Huda Pekanbaru, memperingati Hari Batik Nasional 2024, Rabu (2/10/2024).

 

Kegiatan yang mengusung tema “Merajut Keberagaman Menjalin Kebersamaan dengan Batik di Masa Depan", dipimpin oleh Kepala Sekolah SMA Al Huda Pekanbaru, Dr. Yulwita Afrina, M.Pd dan diikuti oleh majelis guru serta siswa siswi Sekolah Al Huda.

Acara dengan Ketua Pelaksana Elvira Eka Kartika ini, diawali dengan tari massal dari Sanggar Tari Rentak Sekada yang merupakan siswa siswi dari Sekolah Al Huda Pekanbaru, dilanjutkan dengan beberapa lomba yakni fashion show batik dan menggambar batik.

 

Kepala SMA Al Huda Pekanbaru, Dr. Yulwita dalam sambutannya, mengajak generasi muda untuk semakin mencintai batik sebagai warisan budaya bangsa yang tak ternilai.

[caption id="attachment_71615" align="alignnone" width="700"] Ketua Pelaksana Elvira Eka Kartika

Batik menurut Dr. Yulwita, bukan hanya sekadar kain dengan motif indah, melainkan juga lambang identitas dan kebanggaan Indonesia yang diakui dunia.

 

"Sejak UNESCO menetapkan batik sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 2 Oktober 2009, batik semakin dikenal sebagai simbol kreativitas dan sejarah panjang Indonesia," tuturnya.

"Batik bisa dikreasikan dengan indah, maka cintailah Batik sebagai salah satu kebanggan kita terhadap negara dan bangsa," lanjutnya.

 

Kata Dr. Yulwita, sebagai pemimpin masa depan, generasi muda harus mampu mencintai budaya bangsa , dengan luas Indonesia 1,905 juta km² dan pada tahun 2024. Jumlah warisan budaya tak benda Indonesia bertambah sejumlah 272 menjadi 2.213 warisan budaya yang telah ditetapkan, yang salah satunya adalah batik.

"Kita berkewajiban mencintai budaya bangsa. Kalau tidak kita yang bangga, siapa lagi?" ujar Dr. Yulwita Afrina.*

Developed by Garuda Cyber Indonesia