WhatsApp-Button
Yadi Ismail dibaca 51 kali

Diskominfotik Riau Sambut Baik Program 2 Tahun Bisa Sarjana STIE Riau

STIE Riau - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Riau mendapat sambutan hangat ketika melakukan sosialisasi program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Kamis (5/9/2024).

 

Tim STIE Riau yang diwakili Dr. Saiful Anuar,SE.,MM, Wakil Ketua III Bidang  Kemahasiswaan dan Kerjasama Antar Lembaga, didampingi Koordinator S2 Manajemen STIE Riau, Herman SE.,MM,, Ketua Program Studi S1 Manejemen Muh. Ali Aqsa, S.E., M.B.A serta Humas Isman Iriadi, Andri Suryaningsih dan Conten Creator Rijki S Budiman, disambut Tengku Indriany Novitalia, S.Sos.,MH, Kepala Bidang  Aplikasi dan Informatika, Kasubag Kepegawaian dan Umum Fizurni, SE.,M.Si,,Heni Susanti beserta staf lainnya di Ruang Rapat Lt. III Diskominfotik Riau.

 

Selanjutnya, hadir pula puluhan siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 dan SMK Negeri 7 Pekanbaru yang tengah melakukan melakukan program magang di Diskominfotik Riau.

 

Dr. Saiful Anuar, dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari Diskominfotik Riau.

 

Sosialisasi yang dilakukan di Diskomintok serta beberapa instansi pemerintah serta swasta lainnya, ujarnya, merupakan salah satu  upaya STIE Riau memperkenalkan secara luas program RPL kepada masyarakat.

 

Kata Dr. Saiful, program RPL merupakan program yang mengakui capaian pembelajaran seseorang dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja, sehingga memungkinkan meraih gelar S1 hanya dalam rentang waktu 2 tahun.

 

“Program RPL dapat digunakan sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu,” ujarnya.

 

Selain itu, kata Dr. Saiful, biaya kuliah untuk mengikuti program RPL di STIE Riau relatif sangat murah dan bisa dicicil, serta dengan jadwal kuliah sangat longgar, yaitu pada hari Jumat dan Sabtu melalui sistem daring dan luring.

 

Dengan rentang waktu hanya 2 tahun bisa menyandang gelar sarjana, kata Dr. Saiful, biaya yang ditetapkan oleh STIE Riau hanya Rp 15.000.000. Uang pertama yang harus dibayar cuma Rp 1 juta, selebihnya yang Rp 14 juta lagi bisa dicicil selama masa kuliah.

 

"Program ini terkhusus bagi para yang sudah bekerja yang sudah berpengalaman minimal 1 tahun, baik itu pegawai pemerintah ataupun swasta," ujar Dr. Saiful.

 

Bagi yang mengikuti program RPL, harus dibuat portofolio tentang diri mereka. Dari portofolio tersebut, akan diketahui biodata dan pekerjaanya apa. Dari pekerjaan tersebut, kira-kira apa yang sudah mereka ikuti, baik itu pelatihan, seminar atau pernah menjadi tim apa dan lain sebagainya.

 

"Semua itu dirangkum untuk mengikuti program RPL," ujar Dr. Saiful.

 

Tengku Indriany, Kabid AFTIKA Diskominfotik Riau, dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat mengapresiasi program RPL STIE Riau.

 

"Ini tentu saja membuka wawasan bagi kita semua, bahwa dengan program RPL memungkinkan untuk menyandang gelar S1 hanya dalam waktu 2 tahun saja," katanya.

 

Menurutnya, program RPL juga akan sangat bermanfaat bagi para staf di lingkungan Diskominfotik khususnya serta Pemprov Riau pada umumnya untuk melanjutkan studi secara lebih baik.

 

"Tak hanya itu, program RPL juga akan sangat berguna bagi masyarakat Riau terutama  yang sudah bekerja disegala bidang untuk meraih gelar sarjana dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh STIE Riau," ujarnya.***

Developed by Garuda Cyber Indonesia