WhatsApp-Button
Sammi Aldhi Yanto dibaca 76 kali

PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI STIE RIAU

Sistem Informasi Akademik merupakan salah satu sistem yang dibuat untuk merancang suatu keperluan dalam pengolahan data-data yang ada di akademik dengan menerapkan teknologi komputer dimulai dari sisi software maupun hardware, sehingga seluruh kegiatan dapat diproses dan dikelola menjadi satu kesatuan informasi yang bermanfaat, dalam manajemen sistem di perguruan tinggi.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau atau lebih akrab disebut juga dengan STIE Riau. STIE Riau merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Al-Huda, Sekolah Tinggi tersebut merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Riau. Sekolah Tinggi tersebut beralamat di KM 12 Panam, Jalan HR. Soebrantas Pekanbaru. Sekolah Tinggi tersebut telah memiliki sistem informasi akademik yang baik yaitu:

  1. Informasi Pimpinan

Pada website STIE Riau terdapat sistem informasi mengenai pimpinan. Hal tersebut memberikan informasi mengenai susunan pimpinan pada STIE Riau tahun 20196-2019.

  1. Informasi Visi-Misi

Terdapat bagian informasi yang menjelaskan Visi dan Misi STIE Riau, juga terdapat informasi Visi dan Misi terhadap jurusan yang ada pada STIE Riau.

  1. Informasi Dosen

Informasi Mengenai Dosen-Dosen yang mengajar di STIE Riau yaitu berupa Nama, E-mail, NIDN dan Pendidikan Terakhir.

  1. Informasi Makna Lambang

Informasi mengenai makna lambang tersebut yaitu berupa arti dari setiap simbol yang terdapat pada logo STIE tersebut.  Makna lambang yang terkandung yaitu Berkarakter, Enterprnuership dan profesional.

  1. Informasi mengenai Program Studi. Program studi yang terdapat pada sekolah Tinggi tersebut adalah S1 PRODI MANAJEMEN, D3 PRODI AKUNTANSI, D3 Keuangan dan Perbankan.
  2. Sistem informasi Perpustakaan, dalam sistem tersebut berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pembaca dalam mencari dan meminjam buku.
  3. Sistem informasi Badan Penjaminan Mutu (BAPINTU). Pada informasi tersebut menyampaikan informasi dari permasalahan tentang yang ada pada pendidikan tinggi.
  4. Sistem Informasi organisasi yang ada di STIE Riau.
  5. Sistem Informasi Panduan Akademik yang dapat di download oleh setiap mahasiswa.
  6. Sistem informasi akademik yang sudah memiliki fitur Smart Campus.
  7. Sistem informasi Link (Dikti, kopertisi Wilayah X, Aptisi, Isei, Mes, Iaei, Perbanas, Perberindo).

Sistem informasi tersebut bertujuan dalam mendukung proses penyelenggaraan pendidikan, sehingga Pergruan Tinggi Tersebut mampu memberikan dan menyediakan layanan informasi mengenai keberlagsungan proses belajar mengajar kepada khalayak umum dengan lebih efektif dan lebih baik lagi. Sehinga dapa diakses dari dalam maupun luar perguruan tinggi melalui akses internet. Perlu diketahui bahwa banyak kebutuhan yang dibutuhkan di bidang pendidikan, baik itu dari segi peraturan, maupun kebutuhan informasi pendidikan lainnya. Sehingga dalam pengelolaan dan pekerjaannya dibutuhkan waktu yang sangat panjang.

Manfaat sistem informasi terhadap perguruan Tinggi:

  • Memudahkan dalam pegelolaan data
  • Data yang terintegrasi
  • Informasi yang terpusat.
  • Laporan perkembangan Mahasiswa
  • Laporan perkembangan Dosen
  • Meningkatkan citra kampus yang relatif transparan.
  • Memberikan laporan yang komprehensif
  • Memudahkan Bagian Akademik.
  • Menjadikan panduan dalam menyusun berbagai macam kebijakan kampus.

Perlu diketahui ada beberapa kegiatan ag sering terjadi secara berulang-ulang pada bagian internal perguruan tinggi yaitu proses pendataan mahasiswa baru, hal ini akan di data mulai dari mata kuliah yang mereka ambil, dosen yang akan mengajar serta jadwal masuk di setiap matakuliah. Data tersebut aka terus berlanjut sebagai data pendukung ke depannya, yaitu berupa data-data transaksi seperti absensi, daftar ujian, transkrip nilai hingga pada status registrasi ulang (Pembayaran SPP). Hal tersebut akan berjalan sesuai denga kebutuhan dan kebijakan masing-masing pada setiap perguruan tinggi.

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akademik dapat didefinisikan sebagai sistem yang dirancang dalam memenuhi kebutuhan akademik yang pelayanannya sudah dapat dilakukan secara komputerisasi, sehingga memudahkan para karyawan di bagian Akademik untuk megelola data dengan tidak secara manual lagi.(Risma)

Developed by Garuda Cyber Indonesia