WhatsApp-Button
Sammi Aldhi Yanto dibaca 74 kali

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERUSAHAAN

Perusahaan merupakan suatu lembaga yang berbentuk organisasi, yang dimana merupakan tempat terjadinya berbagai macam kegiatan produksi, baik itu yang berhubungan dengan barang maupun jasa. Atau disebut juga dengan Organisasi yang mempunyai tujuan yang teratur dan terarah dalam menjalankan sebuah usahanya. Dalam hal ini guna untuk memenuhi kebutuhan anggota atau orang yang berhubungan dengan saham yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Salah satu penggerak di bidang Ekonomi adalah perusahaan. Karena perusahaan mempunyai pengaruh yang sangat besar di bidang tersebut. Dalam hal ini tentu saja akan menimbulkan dampak positif dan juga terdapat dampak negatifnya pula bagi masyarakat. Kegiatan produksi yang dihasilkan bisa memberikan banyak manfaat dan dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Jika suatu perusahaan mampu mencapai suatu tujuan, maka dalam hal ini bisa dikatakan sebuah prestasi bagi manajemen perusahaan itu sendiri. 

Untuk mengelola semua transaksi yang berhubungan dengan fungsi manajemen, perusahaan mempunyai yang namanya Sistem Informasi Manajemen atau disingkat dengan SIM. Sistem informasi manajemen (SIM) juga terdapat pada sebuah perusahaan, bukan hanya ada di Sekolah ataupun di Perguruan Tinggi saja. Manajemen itu sendiri merupakan suatu rangkaian proses perencanaan, kegiatan, Pengendalian atau pengawasan dan pergerakan, serta pengorganisasian. Hal ini dilakukan untuk mencapai suatu tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Baik itu melalui pemanfaatan Sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya.

Apa itu Sistem Informasi Manajemen? Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan sebuah sistem informasi untuk mengatur semua transaksi yang berhubungan dengan fungsi manajemen yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan. SIM juga berguna dalam pengambilan keputusan, dan menghasilkan masukan atau keluaran serta semua proses yang dibutuhkan lainnya. 

Pada umumnya SIM bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk organisasi dalam mengambil sebuah keputusan.  Dengan adanya SIM, segala bentuk pekerjaan tentu saja bisa diselesaikan dengan efektif dan efesien. Karena SIM didukung dengan teknologi terkini, atau dalam artian lain didukung oleh teknologi yang canggih.

Di perusahaan Sistem Informasi Manajemen(SIM) itu sendiri sudah menjadi bagian yang sangat penting. Kenapa? Karena SIM berperan bagi pemimpin untuk mengambil suatu keputusan. Jika keputusan yang diambil tidak benar, maka hal ini juga akan berdampak kepada perusahaan tersebut untuk ke depannya. Sistem Informasi Manajemen mempunyai beberapa fungsi dan peranan Bagi Perusahaan. Fungsi dan peranan tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Membantu Pengambilan Keputusan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SIM bisa membantu pimpinan dalam pengambilan keputusan. Yang dimana keputusan ini berpengaruh untuk masa depan perusahaan itu sendiri. Dikarenakan SIM merupakan wadah informasi bagi perusahaan, yang dimana sistem informasi tersebut dijalankan.

  1. Membantu dan Meningkatkan Operasional Perusahaan

SIM bisa membantu operasional perusahaan lebih efesien. Perusahaan bisa menjalankan strategi keunggulan biaya. Dengan adanya investasi pada teknologi sistem informasi, perusahaan dapat melalui berbagai rintangan untuk memasuki industri dengan jalan teknologi yang rumit yang dimana diperlukan untuk memasuki persaingan pasar atau dengan cara meningkatkan besarnya investasi.

  1. Membantu untuk Keuntungan Strategis

SIM mempunyai peran yang besar bagi perusahaan dalam mendukung tujuan strategis. Karena perusahaan bisa sukses dan bertahan dalam jangka lama jika perusahaan tersebut mampu membangun strategi untuk melawan kekuatan persaingan, yang dimana para pesaing tersebut berada dalam industri yang sama. Maka dari itu hal ini bisa membantu perusahaan dalam merancang dan mempromosikan produk barunya.

  1. Membantu Memperkenalkan Inovasi dalam Bisnis

Inovasi teknologi sistem informasi contohnya seperti penggunaan ATM dalam perbankan. Dalam hal ini, Bank-bank besar akan memperoleh suatu keuntungan yang strategis yang dimana akan melebihi para pesaing untuk beberapa tahun. Di dalam Sistem informasi strategis terdapat penekanan utama, yaitu membangun biaya penukaran kepada perusahaan dengan pemasok atau konsumennya.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang Sistem Informasi Manajemen Perusahaan. Semoga bermanfaat.(Mega)

Developed by Garuda Cyber Indonesia