WhatsApp-Button
Sammi Aldhi Yanto dibaca 131 kali

CARA BERTANYA YANG BAIK KEPADA DOSEN

Ketika proses pembelajaran ada sebuah sesi yang terkadang bikin jantung deg-degkan yaitu sesi pertanyaan, Terkadang ketika dosen atau guru menanyakan sebuah pertanyaan, “apakah ada pertanyaan?” suasana menjadi hening, Dalam kondisi seperti ini terkadang ada yang memang ingin bertanya tetapi takut mungkin karena dosen atau guru yang sedang mengajar mungkin killer sehingga takut akan bertanya. Berikut ini merupakan cara bertanya yang baik kepada dosen:

 

  • Bertanya ketika sesi pertanyaan di buka

 

Ketika Dosen sedang menjelaskan presentasi materi yang di berikan terkadang kita memiliki pertanyaan yang ingin di tanyakan karena penjelasan yang terlalu cepat di sampaikan atau penjelasan yang kurang jelas di sampaikan oleh dosen akan sangat tidak sopan jika menyela penjelasan yang sedang jelaskan, Tunggu sampai semua penjelasan yang di berikan selesai buatlah catatan kecil yang berisi pertanyaan tunggu sampai seluruh penjelasan selesai karena mungkin pertanyaan yang kita miliki belum di jelaskan. Jika sampai akhir sesi belum mendapati jawaban yang anda miliki anda bisa langsung menanyakan di saat sesi pertanyaan di buka.

 

  • Memahami topik yang disajikan

 

Untuk bertanya kepada seorang dosen pastikan pertanyaan anda miliki sesuai dengan topik yang sedang di bahas, Biasa nya dosen memberikan silabus pembelajaran di awal pertemuan kuliah atau memberi tahu materi yang akan di jelaskan di pertemuan selanjutnya, Pelajari lah materi yang akan di bahas dari pertemuan selanjutnya, Dengan mempersiapkan materi ini anda bisa lebih memahami sesuatu yang sedang di bahas oleh dosen dan ketika tidak mengerti sebuah materi anda sudah memiliki persiapan sehingga topik yang ingin anda tanyakan sesuai dengan topik yang anda bahas.

 

  •  Memilih variasi dalam pertanyaan 


 Materi yang tidak di pahami:

 

Ketika ingin menanyakan sebuah pertanyaan tanyalah sesuatu yang benar-benar anda tidak pahami ketika proses pembelajaran, Jangan bertanya sesuatu pertanyaan yang sudah kita mengerti karena mencari perhatian dosen, hal ini bisa membuat teman sekelas anda menjadi tidak nyaman karena biasanya orang yang bertanya hanya untuk mencari perhatian seorang dosen bertanya pada suatu hal yang sama dan bisa membuat orang lain jenuh.

Ragu-Ragu pada materi yang di jelaskan:

Terkadang ketika mendapat penjelasan sebuah materi dari dosen terkadang kita ragu ragu penjelasan yang di berikan oleh dosen mungkin karena penjelasan nya terlalu cepat atau dosen mengunakan kata kata yang sulit di mengerti oleh mahasiswa, anda bisa bertanya untuk mendapatkan informasi yang jelas dari dosen.

Pendapat tentang suatu materi yang dibahas:

Dalam proses perkuliahan biasa nya bagi mahasiswa yang telah belajar sebelum pelajaran mungkin sudah sedikit memahami tentang penjelasan yang akan di jelaskan. Biasanya dosen membuka sesi untuk mahasiswa memberikan pendapat nya tentang suatu topik bahasan yang akan di bahas misalkan ada seorang mahasiswa bertanya kepada dosen tentang sebuah materi untuk lebih mempermudah mahasiswa dalam memahami penjelasan biasa nya dosen meminta mahasiswa untuk memberikan pendapat tentang sebuah topik yang sedang di bahas.

Sanggahan tentang suatu materi yang valid:

Ketika dosen menjelaskan terkadang dosen juga melakukan kesalahan dalam menyampaikan materi. Mahasiswa dapat menyampaikan bahwa materi yang di sampaikan oleh dosen memiliki informasi yang kurang valid sampaikan informasi berdasarkan data yang sudah anda persiapkan sebelumnya, Sampaikan materi yang anda berikan dengan sopan jangan berkata keras kepada dosen, Hargailah perasaan dosen yang sedang mengajar jelaskan materi  yang anda yakini benar dengan sebaik mungkin sehingga dosen menerima pendapat anda, Jika anda menerima penolakan atas informasi yang anda berikan jangan marah ke pada dosen tersebut tetaplah hormat jangan memiliki rasa dendam kepada dosen tersebut dan tetaplah rendah hati.

 

  • Bertanya dengan bahasa yang bisa di pahami dan dengan suara yang jelas

Terkadang meskipun kita telah memiliki pertanyaan yang bagus terkadang deg degan ketika bertanya masih ada, untuk menasehati hal ini anda bisa berlatih di depan cermin seperti orang berpidato untuk melihat bagaimana ekspresi anda ketika bertanya. Setelah mantap anda bisa bertanya kepada dosen jangan takut walaupun pertama kali kita bertanyaa, seterusnya rasa gugup anda ketika bertanya mulai akan hilang, Gunakanlah bahasa yang bisa di mengerti oleh seluruh orang yang anda di dalam ruang perkuliahan jangan gunakan bahasa daerah ketika bertanya kepada dosen meskipun dosen anda mengerti apa yang anda sampaikan, karena akan membuat orang lain yang ada di ruangan merasa terganggu sebaiknya gunakanlah bahasa indonesia yang baik dan benar.

 

Demikianlah informasi singkat yang bisa disampaikan tentang bagaimana cara bertanya yang baik kepada dosen, Semoga informasi yang di berikan ini bermanfaat bagi anda dan dapat di peraktekan ketika ingin bertanya kepada dosen. (Zul)

Developed by Garuda Cyber Indonesia