WhatsApp-Button
Sammi Aldhi Yanto dibaca 82 kali

FAKTOR MAHASISWA MALAS KULIAH

Kuliah adalah rutinitas yang dilakukan oleh seorang mahasiswa. Ada sebagian mahasiswa yang rajin, namun tak sedikit juga yang bermalas-malasan. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di kampus, mulai dari belajar, mengikuti organisasi dan lain-lain. Sangat disayangkan sekali jika seorang mahasiswa malas untuk kuliah.

 

Ada banyak faktor yang menyebabkan seorang mahasiswa malas pergi kuliah. Padahal, kuliah itu penting untuk masa depan mereka. Berikut, beberapa faktor mahasiswa malas kuliah yang telah kami rangkum:

 

  • Salah Jurusan

 

Faktor yang paling banyak dipermasalahkan adalah salah jurusan. Mereka yang salah jurusan umumnya hanya ikut-ikutan temannya untuk daftar pada suatu fakultas yang mereka sendiri tidak memahami mengenai fakultas atau jurusan tersebut. Setelah belajar beberapa minggu, mereka baru menyadari bahwa jurusan tersebut sulit dan merasa tidak mampu sehingga malah untuk pergi kuliah.

 

Hal ini sangat tidak nyaman sekali, karena dimana orang lain bersusah payah untuk masuk jurusan tersebut dan kita yang masuk kedalam jurusan tersebut malah bermalas-malasan. Untuk itu, pilihlah jurusan di perguruan tinggi sesuai dengan kemampuan anda.

 

  • Tidak Sesuai Dengan Keadaan Sekitar

 

Kenyamanan dalam kuliah juga perlu kita bangun. Jika kita sudah nyaman dengan rutinitas kita, maka semua hal yang membuat kita malas akan pergi dan kita pun akan rajin masuk kuliah.  Kalau kita merasa tidak cocok dengan keadaan sekitar, itu menyebabkan kita untuk datang kuliah.

 

  •  Tidak Menemukan Teman Yang Sehobi

 

Dalam dunia perkuliahan, sangat diperlukan teamwork yang kompak dan solid. Jika kita telah menemukan teman yang solid, kita akan lebih semangat untuk datang kuliah dan menjalani kegiatan bersamanya. Tapi, jangan cari teman yang hobinya bolos atau yang membawa kamu kedalam prilaku buruk. Rasa jenuh juga akan menghampiri kita jika tidak ada teman yang sepemikiran. Bingung ingin melakukan aktivitas, dan akhirnya memilih untuk bolos kuliah.

 

  • Kecewa Dengan Nilai Yang Diperoleh

 

Terkadang, mahasiswa sudah berjuang keras agar mendapatkan nilai yang sempurna, namun selalu saja ada penyebab gagal untuk mendapatkannya. Nilai yang diperoleh selalu mengecewakan, sehingga timbul rasa kesal dan putus asa. Jika kamu mendapatkan nilai yang rendah, mungkin kamu harus ubah cara kamu belajar dan lebih giat dan serius lagi ketika belajar dengan dosen serta jangan ada absen atau bolos. 

 

  • Masalah Keluarga

 

Faktor ini sangat berpengaruh terhadap mental seorang mahasiswa. Jika dirumah ada masalah, umumnya mereka akan membawa perasaan kesal keluar rumah. Jika kesal, seseorang akan malas melakukan aktifitas seperti biasanya dan memilih aktifitas yang seharusnya tidak mereka lakukan pada saat itu, seperti dimana ia harus kuliah, ia malah pergi kewarnet dan bermain game.

 

  • Sering Sakit

 

 

Sakit memang tak dapat diperkira datangnya. Sakit dapat singgah kesiapa saja dalam keadaan apapun. Ketika sedangan sakit, anda biasanya harus izin dan tidak masuk kuliah. Akan banyak materi pembelajaran yang tertinggal, dan ketikan masuk tugas sudah menumpuk tanpa anda ketahui cara penyelesaiannya. Ketika itu pula, rasa malas akan datang.

 

  • Terlalu Banyak Bergadang

 

 

Banyak efek samping yang kamu terima jika terlalu sering bergadang. Salah satunya adalah rasa capek, letih dan kantuk pada pagi harinya. Tidak berkonsentrasi sehingga kamu akan lebih mudah marah. Jika sudah begitu, rasa malas untuk kuliah akan datang. Kamu harus bisa mengatur jadwal tidur kamu dan kurangi lah bergadang untuk tujuan yang tidak diperlukan.

 

  • Masalah Remaja

 

Masalah percintaan adalah masalah utama yang dimiliki setiap remaja. Misalnya dalam masalah cinta, mereka akan merasa sakit hati dan murung serta malas. Itu adalah persoalan yang harus kamu hadapi. Jika kamu ingin fokus kuliah, usahakan hindari masalah cinta terlebih dahulu.

 

Nah, itu dari beberapa faktor penyebab mahasiswa malah kuliah. Bijaklah dalam mengambil keputusan agar masa depanmu terselamatkan. (Taufiq)

 

sumber : mom sharing

Developed by Garuda Cyber Indonesia