Dasar-Dasar Manajemen Bisnis Dalam Memulai Bisnis
  • Posted: 01 Desember 2018
  • By: Admin

Dasar-Dasar Manajemen Bisnis Dalam Memulai Bisnis

Secara umum manajemen memiliki arti yang merupakan sebuah proses terdiri dari serangkaian kegiatan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengendailian dengan tujuan agar tertata secara efektif dan efesien.

Bagi pelaku usaha yang ingin memulai bisnis maupun tengah mengembangkan bisnisnya, sangat penting memamahi terlebih dahulu mengenai dasar-dasar manajemen. Tujuannya agar usaha maupun bisnis bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan.

Dasar-dasar manajemen itu sendiri biasanya terdiri dari mulai dari sumber daya manusia, manajemen pemasaran, produksi, keuangan dan informasi. Semua dasar ini sudah sepatutnya dipenuhi oleh perusahaan agar bisnis yang dimiliki dapat bersaing dengan baik dan mampu berkembang.

Karena setiap usaha atau bisnis tentu saja menginginkan sebuah keuntungan, meskipun sebenarnya setiap bisnis tentu saja memiliki resikonya masing-masing. Namun, agar perusahaan atau bisnis tetap bisa mencapai target dan keuntungan dibutuhkanlah manajemen yang baik pula.

Berikut ini akan kita bahas mengenai dasar-dasar dari manajemen bisnis untuk pelaku usaha.

1.      Sumber Daya Manusia

Dasar manajemen yang paling utama dalam sebuah bisnis atau perusahaan adalah sumber daya manusianya. Sumber daya manusia juga bisa dikatakan hal yang penting selain modal materi untuk pondasi dalam perkembangan suatu usaha atau bisnis. Sumber daya manusia yang dimaksud adalah karyawan yang bekerja di dalam bisnis tersebut. Jika tidak ada karyawan di dalam bisnis tentu saja usaha tidak akan berjalan dengan baik.

Sumber daya manusia yang akan bekerja didalam perusahaan atau bisnis tentu saja harus dikelola dan direncanakan dengan baik. Sumber daya manusia tersebut tidak hanya memenuhi kuantitas tapi juga harus memiliki kualitas yang memiliki peran untuk bisnis.

Ada tiga komponen setidaknya yang berperan dalam mengelola sumber daya manusia ini yaitu pihak personalia, human resource development (HRD) dan human resource management (HRM).

Dimana yang fokus pada bagian administrasi (hubungan employer dan employee) adalah tugas dari Personalia sedangakn HRD berperan sebagi perencana strategis tenaga kerja dan yang memiliki berperan sebagai perencana, pengorganisasi dan pengendali SDM sebagai aset penting adalah HRM.

Setidaknya tiga peranan tersebut harus termanajemen dengan baik dalam suatu bisnis agar bisa berkembang dan berjalan sesuai rencana.

2.      Manajemen Pemasaran

Pemasaran adalah suatu aktivitas atau kegiatan dimana bisa menghasilkan sebuah nilai ekonomi atau financial terhadap barang atau jasa yang disediakan oleh perusahaan. Sedangkan manajemen pemasaran artinya suatu cara atau metode yang digunakan dalam merencanakan teknik atau bagaimana memasarkan suatu produk dan jasa agar masyarakat bisa menerimannya.

Dasar dari manajemen ini memiliki peran untuk mengenalkan bisnis atau usaha ke pada masyarakat. Karena suatu bisnis atau usaha dikatakan berhasil jika bisnis tersebut dibutuhkan orang lain, sehingga bisnis akan semakin berkembang jika semakin banyak peminatnya.

Komponen yang termasuk dalam manajemen pemesaran ini yaitu penggalian informasi mengenai pasar secara potensial dan aktual, merancang program yang digunakan dalam pemasaran serta mengevaluasi program pemasaran tersebut.

3.      Manajemen Produksi

Manajemen produksi juga tidak kalah penting sebagai salah satu dasar dalam manajemen perusahaan. Dimana produk adalah hasil dari perusahaan yang melibatkan konsumen baik itu berupa barang atau jasa.

Bisnis akan mengalamai kerugian secara materi dengan jumlah besar jika perusahaan tidak memiliki pengetahuan dalam nilai produksi. Karena, bisnis akan runtuh lebih cepat jika menghasilkan produk yang tidak memiliki nilai jual.

Untuk itu sangat penting sekali manajemen produksi direncanakan, dikelila serta dikendalikan berdasarkan sudut pandang konsumen. Untuk itu dalam memproduksi suatu barang dan jasa dibutuhkan survei lokasi terlebih dahulu atau bisa dengan melihat daya tarik masyarakat.

4.      Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan bisa saja kita artikan suatu cara bagaimana memperoleh serta menggunakan uang perusahaan. Dimana manajemen keuangan ini memiliki kaitannya dengan proses masuk dan keluarnya uang perusahaan. Baik itu dari segi hasil produksi atau dana produksi dan sumber dana lainnya.

Bisnis yang baru berkembang atau hendak mulai dirintis sudah sepatutnya memiliki manajemen keuangan yang baik. Apabila  dana perusahaan tidak dikelola sesuai dengan tujuan akan berdampak pada inflasi dalam perusahaan, yaitu laju pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan.

Mereka yang bertegus dalam mempelajari secara detail bagaimana suatu dana bisa di dapatkan, digunakan dan dikembalikan adalah manajemen keuangan.

5.      Manajemen Informasi

Dalam hal ini peran manajemen informasi yaitu suatu proses untuk memastikan bahwa bisnis yang sedang dikembangkan mampu berjalan serdap masih dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama juga. Disaat bisnis mengalami masa sulit diawal perkembangan maka manajemen informasi sangat krusial apalagi ditengah kemajuan teknologi yang saat ini semakin berkembang.

Kurangnya sumber informasi yang dimiliki suatu bisnis akan berdampak terhadap ketidakmampuan mengendalikan sumber daya yang hingga akhirnya akan berpengaruh dalam penggambilan keputusan baik itu jangka pendek maupun jangka panjang

Manajemen informasi yang baik adalah yang bisa memberikan sumber informasi untuk mendukung bisnis berkembang, seperti informasi terkait pesaing atau kompetitor.

Nah, itulah beberap point atau dasar-dasar dari manajemen bisnis yang bisa dipahami untuk para pelaku usaha yang ingin memulai bisnisnya atau bisnisnya saat ini sedang berkemban

Tags: