Galuh Kogas Prakasa, Peraih Emas PON XIX ''Diapresiasi STIE Riau, Dengan Beasiswa Pendidikan''
  • Posted: 17 Oktober 2016
  • By: Admin

Galuh Kogas Prakasa, Peraih Emas PON XIX ''Diapresiasi STIE Riau, Dengan Beasiswa Pendidikan''

Usai menyumbangkan medali emas untuk Riau pada pesta olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat, Galuh Kogas Prakarsa kembali mendapat kejutan dari kampusnya. Kali ini mahasiswa jurusan Manajemen, Semester 3 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Riau tersebut mendapat beasiswa dari kampusnya.

Laporan LUKMAN PRAYITNO, Pekanbaru

Kerisauhan peraih medali emas PON XIX 2016, Galuh Kogas Prakasa tentang kelanjutan kuliahnya yang sempat ditinggalkan selama bertanding hilang sudah. Pasalnya kampus tempat atlet Taekwondo yang turun di kelas +87 kg tersebut justru memberi apresiasi dengan memberikan biaya siswa.

''Saya hanya bisa mengucapkan alhamdulillah dan banyak-banyak bersyukur. Karena ternyata ada kampus yang mau mensupport atlet-atet berprestasi,'' ujar Galuh saat bercerita kepada Riau Pos di Kampus STIE Riau, Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru, Kamis (13/10) pagi.

Iapun mengakui sempat risau karena kesibukannya sebagai atlet akan membuat pendidikannya terlantar, bahkan gagal menyelesaikan pendidikan. Karena biasanya nilai mata kuliah juga tergantung pada kecukupan tingkat kehadiran.

Sementara itu, Pembantu Ketua III bidang Kemahasiswaan, STIE Riau, J Ardan Mardan mengaku justru pihaknya mengapresiasi setiap prestasi yang diperoleh mahasiswanya. Bahkan putra anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Tatang Tarsidin dan Gus Ervaniwati tersebut diapresiasi dengan beasiswa.

''Beasiswanya kami berikan dalam bentuk gratis biaya SPP dan biaya pembangunan selama empat semester. Nanti kami akan berikan juga penghargaan lain yang tidak mengikat,'' ungkap Ardan.

Menurutnya, apresiasi kepada Galuh juga merupakan komitmen kampus kepada mahasiswa berprestasi. Prestasi yang diberikan beasiswa bisa berupa prestasi dibidang akademik, olahraga, seni atau hal lainnya.

Iapun mengakui STIE Riau sangat bangga atas prestasi yang bisa dicapai mahasiswa. Bahkan Ardan juga sempat berdialog dengan Galuh agar bisa diberikan kemudahan mengikuti Pelatnas Persiapan Sea Games 2017.

''Saya sempat berdialog, dia berharap agar dimudahkan mengikuti Sea Game. Dan kalau berprestasi tentu lanjut ke Asian Games. STIE Riau tentunya Galuh memberikan kemudian untuk merealisasikan cita-citanya, tetapi juga tidak melupakan studinya,'' tambah Ardan.

Ternyata, STIE Riau sejak Agustus lalu juga sudah bekerjasama dengan Dispora Riau terkait kelanjutan pendidikan atlet-atlet berprestasi. Apalagi selama ini, banyak atlet berprestasi namun pendidikannya terhenti.

''Makanya STIE Riau bekerjasama dengan dispora dalam hal ini. Kami siap membina dan mendidik mereka menjadi orang yang berprestasi di bidang olahraga dan memiliki gelar akademik. Sehingga nanti mereka dimudahkan dalam hal profesi dan pekerjaan mereka,'' tutup Ardan.(luk)